Kamis, 13 November 2008

Teori Strukturisasi

Teori/ Pendekatan/ Hipotesis

Teori Strukturisasi telah memiliki dampak besar terhadap teori komunikasi. Dampak ini paling besar terdapat pada komunikasi organisasi, dimana aspek-aspek teori telah diadopsi dengan antusiame yang sangat besar.

Nama teoritis dan teorinya
Teori strukturisasi oleh Anthony Giddens, seorang ahli sosiologi Inggris.

Sumber dan buku acuan
Littlejohn, Stephen W,. 2002. Theories of Human Communication (edisi ketujuh). Belmont: Thomson Learning. Hal. 144-162
http://tulisanmakyun.blogspot.com/2008/02/teori-komunikasi_29.html
http://penerjemahonline.wordpress.com/2008/10/28/teori-teori-tentang-komunikasi-organisasi/

Asumsi- asumsi teori
1. Konsep ini mencoba untuk meguraikan dualisme sederhana yang diusulkan antara perwakilan dan ketidakleluasaan dan antara tindakan dan struktur dengan mengusulkan bahwa konsep-konsep ini berfungsi tidak sebagai bagian dari sebuah dualisme, tapi sebagai sebuah dualitas dimana “sifat-sifat struktural dari sistem sosial adalah medium dan hasil praktek yang mereka organisir secara berulang”.
2. Teori strukturisasi adalah konsep agen-agen aktif yang berinteraksi dalam dunia sosial. Tentunya, yang kita anggap sebagai dunia sosial terbentuk melalui perilaku-perilaku dari para agen aktif. Melalui perantara inilah kita semua dimanaje untuk terlibat dalam dunia ini, pada saat kita mengalami aktivitas-aktivitas rutin dari kehidupan sehari-hari dan situasi yang lebih asing yang terkadang diperhadapkan kepada kita.

Esensi teori & penjelasannya
1. Teori strukturasi, yang dikemukakan oleh Anthony Giddens menjelaskan lebih lengkap hubungan mikro-makro sosial. Dalam pandangan Giddens, tindakan manusia merupakan proses produksi dan reproduksi beragam sistem sosial. Dengan kata lain, dalam komunikasi, para pesertanya bertindak strategis untuk mencapai tujuan mereka yang kemudian menghasilkan struktur yang berbalik mempengaruhi tindakan mereka selanjutnya.
2. Kita perlu meninjau cara-cara dimana teori strukturisasi telah mempengaruhi para ahli teori yang tertarik khususnya pada komunikasi organsiasinal.
3. Teori strukturisasi telah diaplikasikan dalam memahami beberapa konsep klasik dalam studi-studi organisasional: struktur organisaisonal dan iklim organisasional. Bob McPhee (1985, 1989) telah menyebutkan bahwa “struktur formal adalah sekumpulan aturan dan sumber-daya yang diambil oleh para pelaku organisasi untuk mengkoordinasikan interaksi-interaksinya. Pemahaman tentang kesenjangan antara aturan dan sumber daya yang diambil oleh individu dalam interaksidan grafik organisasi formal akan membantu dalam menjelaskan masalah-masalah dalam koordinasi pada setting organisasional

Konsep-konsep dalam teori
Pemahaman (interpretation/understanding), Interpretasi dan Kekuasaan.

Penjelasan konsep
1. Pemahaman (interpretation/understanding), moralitas atau arahan yang tepat.
2. Interpretasi menyatakan cara memahami sesuatu, moralitas menyatakan cara bagaimana seharusnya sesuatu dilakukan,
3. kekuasaan dalam bertindak.dan kekuasaan menyatakan cara mencapai suatu keinginan.

contoh penggunaan
Naskah Akademis Rancangan Undang - Undang Perpustakaan (RUU Perpustakaan)

Tidak ada komentar: